Jumat, 25 Mei 2012

Metodologi Pembelajaran bahasa Arab

Pengertian,persamaan dan perbedaan (Pendekatan,Metode dan Tehnik) Pendekatan(al-madkhal/approach) ysng dimaksudkan adalah Teori mengenai hakikat bahasa,filosofis bahasa,pembelajaran bahasa sebagai sebuah praduga(asumsi)yang secara teoritis disepakati sebagai kebenaran umum yang tidak perlu lagi di buktikan,dimana Pendekatan ini bersifat axiomatic(mutlak).Contoh,oural-oral approach yang menjelaskan bahwa bahasa itu adalah yang didengar dan diucapkan Metode(al_thariqah/method yang dimaksudkan adalah jalan yang ditempuh untuk menyajikan materi pelajaran bahasa secara sistematika,agar mudah diterima(diserap)oleh peserta didik dengan baik dan menyenangkan,dimana metode ini bersifat prosuduril serta tidak bertentangan dengan pendekatan.Contoh audio-lingual method yang menjelaskan bahwa metode pembelajaran bahasa yang baik adalah apa yang didengar kemudian diucapkan langsung. Tehnik(al-asalib/techtic) yang dimaksudkan adalah penerapan dari pendekatan dan metode di dalam proses pembelajaran yang biasanya terjadi didalam ruang formal,dimana tehnik ini bersifat oprasional yang pelaksaannya selalu mengikuti prosedur metode dan berdasarkan atas prinsip-prinsip pendekatan(al-madkhal)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar